Minggu, 17 Februari 2013

drama musikal "rantau"


 AKIBAT RANTAU
                                                                                                                           Song : I’m glad you came
PEMERAN:
M.dimas pangestu                : pak Nanang 
Yunda setyowati                   : bu santi (Istri pertama)
Rima indriani                         : bu rini (Istri kedua)
Reci adhya fiscarina             : Gadis
Irham jauhari                        : Reno
Melva septiarini                   : ela
Hans David fegriawan          : paimin
Decky afeasta                       : Pak sukoco/perampok
Didesa
bu santi  : aku sekarang sedang mengandung 5 bulan, aku sangat membutuhkan mu kang dalam usia kan
                 dunganku yang sekarang ini, aku tidak mau ditinggalkan sendirian di desa ini, aku takut, ku
                 mohon kang jangan pergi….
nanang   : iya aku mengerti keadaan mu neng, tapi bagaimana ini juga kulakukan demi mendapat kan
                 biaya persalinanmu nanti, aku kekota dengan paimin hanya sebentar kok jika uang nya sudah
                 terkumpul aku berjanji akan pulang… mengertilah..
bu santi  : tapi kan kita telah punya tabungan yg kurasa cukup untuk biaya persalinanku nanti kang…
nanang   : iya sih tp aku ingin hidup kita lebih enak jd aku harus mengadu nasib keibu kota.. aku berjanji
                 pada mu aku akan segera pulang, sebentar lagi paimin datang karena bis ke Jakarta akan jalan
                siang ini..
bu santi  : tapi kang….
 (nanang menyanyikan lagu “reff aku pasti kembali (pasto) )
paimin    : nanang nanang… sudah siapkan barang barangmu.. ayo kita jalan bisnya sebentar lagi udh mau
                jalan.. mbak santi kami pamit ya..
nanang   : baik baik disini ya sayang ingat semua pesanku , doa kan suami mu ini akan sukses yang akan
                menjadi milyader terkaya di desa ini.. aku jalan yo…
bu santi  : hati hati ya akang. Doa ku menyertaimu

dikota
paimin    : nah ini dia nang yang namanya Jakarta…
nanang   : waah rame pisan ey disini, banyak gedung tinggi ya, ngomong ngomong kita akan tinggal dimana sekarang paimin      : anah iya ya nang aku lupa aku kan udh diusir dari kontrakan ku yg lama disini…
nanang   : dasar koplak kamu min jadi kayak mana nih ?
paimin    : nah gimana kalo malem ini kita cari penginapan dulu aja besok baru cari kontrakan dan pekerjaan..
bu rini    : tolonggg tolonggg ada jambret aku kejambretan…
nanang   : ada jambret tuh ayo paimin kita menolongnya
( lagu “in the end (linking park) mengiringi perkelahian antara nanang dengan perampok)
bu rini    : terima kasih telah menyelamatkanku, perkenalkan aku rini,ngomong ngomong kalian dari mana..
                  sepertinya bukan orang sini ?
paimin    : aku paimin dan ini temanku nanang, kami dari garut neng datang kesini mau cari pekerjaan..
bu rini    : kalian sudah dapat pekerjaannya ?
paimin    : belum neng, ini juga kami sedang bingung karena tidak ada tempat untuk tidur
bu rini    : hmm kebetulan sekali, aku tinggal hanya bertiga dirumah dengan pembantuku, aku juga sekarang sedang
                  mencari seorang supir dan tukang kebun apa diantara kalian ada yg bisa nyetir mobil ?
nanang   : saya bisa neng, saya mau bekerja dengan eneng rini
paimin    : aku juga bisa kok neng menjadi tukang kebun
bu rini    : baiklah ayo kerumah ku kalian bisa tinggal disana sekalian bekerja untuk ku…

3 bulan kemudian
nanang   : Sudah 3 bulan aku bekerja disini, hidupku jadi tambah enak tinggal disini, baru saja aku mendapat gaji yang
                  lumayan besar, bias saja aku pulang kedesa sekarang tapi aku tak sanggup meninggalkan neng rini sendirian
                 disini, rasanya aku slalu ingin melindunginya
paimin    : hus nanang hayoo ngomong apa kamu tadi ? kamu naksir neng rini ya ? sepertinya dia juga naksir kamu
                  nang melihat dari tingkahnya kekamu selama ini…
nanang   : haha iya min, rasanya aku ingin menjadikannya istriku, dia kan belum tau kalo aku sudah menikah..
paimin    : kamu kan masih punya istri nang didesa sedang mengandung anakmu lagi, inget nang. Aku saja sekarang
                  mau pulang kedesa aku kangen sama istri dan ankku, aku kan bukan bang toyib                 
( paimin menyanyikan “reff aku bukan bang toyib” )
nanang   : bodok amat lah sama istriku yang didesa yang jelas aku inginkan neng rini jadi istri ku, min, jika kamu plg
                  kedesa nanti, katakana pada istriku bahwa aku disini sedang sibuk bekerja jadi tak sempat uang, dan kirim
                 kan uang ini untuknya ya..
paimin    : baiklah… aku pulang kedesa dulu ya…


bu rini    : kok lama kelamaan kang nanang itu kalo diliat ganteng juga ya, sepertinya aku suka padanya, aku telah
                  berumur 30tahun sudah sepantasnya menikah, apa mungkin kang nanang itu jodohku ya, jadi buat
                  penasaran
(menyanyikan lagu “penasaran voc krisdyanti”)
nanang   : hayoo neng ngelamunin apa eneng rini, apa hari ini tidak ada jadwal kekantor neng ?
bu rini    : gak ada kang, aku lagi bingung aja, kang aku pengen nanya serius nih..
nanang   : nanya apa neng ?
bu rini    : akang udah punya pacar belum ?
nanang   : aaaaanu neng belum neng kenapa emng ?
bu rini    : kang selama ini aku  suka sama akang, aku pengen jadi istri akang, akang kan tau aku sekangr sebatang kara
                  aku rasa akang sangat cocok untuk menjadi pelindungku..
nanang   : apa ? iya neng aku juga ingin jadi suami neng rini, apa gak masalah neng eneng punya suami miskin kayak
                  aku ? eneng kan seorang pembisnis cantik yang kaya..
bu rini    : apa pun status social akang aku tetep cinta akang , pokoknya kita harus menikah dalam waktu dekat ini
(nanang menyanyikan lagu “madu tiga” achmad dani)
di desa
bu santi  : sebentar lagi aku akan melahirkan, tetapi suamiku tak kunjung pulang, ya tuhan akan kah aku melahirkan
                  nanti suamiku tetap tidak pulang, akang pulang kang ... sampai lelah aku menunggumu…
(menyanyikan reff lagu “menunggu” (rita sugiarto) )
paimin    : assalamualaikum.. bunten mba santi..
bu santi  : walaikum sallam.. oh paimin, loh mana kang nanang ?
paimin    : maaf mba, nanang tidak bisa pulang dia sedang sibuk sama kerajaannya di kota
bu santi  : loh kok kamu pulang ? emng kerjaan suamiku apa ?
paimin    : jadi supir mba, aku disana bekerja sebagai tukang kebun, menurutku pekerjaan itu tidak cocok denganku,
                  jadi kuputuskan aku kembali ke desa saja, oya mba ini ada titipan uang dari nanang mba..
bu santi  : hemm begitu, iya makasih ya min..
paimin    : iya mba saya pamit dulu ya..

22 Tahun kemudian
di kota|
bu rini    : tidak kerasa dua puluh dua tahun berlalu dengan cepet ya pi, anak kita sekarang sudah menjadi seorang
                 dokter muda yang hebat…. Mami bangga padanya, tapi kenapa ia harus ditugaskan ke desa yg terpencil ihh nanang   : iya mi, papi juga merasa bangga pada reno, sudah lah mi biarkan saja dia ditugaskan kedesa terpencil toh
                  itukan sudah menjadi kewajiban dia.. ngomong ngomong dia akan ditugaskan kemana mi ?
bu rini    : hmm kalo tidak salah sih di daerah garut pi, tapi mami tidak tau persisnya di desa mana.. ih psti tempatnya
                  kamseupay banget, mami gak kuat deh kalo anak kita harus bergaul dengan daerah situ yang pastinya sgt
                  kampungan dan tidak berpendidikan
nanang   : apa daerah garut ?? serius mi anak kita ditugaskan kesana ?
bu rini    : iya papi, ada apasih kok kaget gitu?
nanang   : tidak apa apa mi papi… nah itu dia reno mi..
reno       : pi mi, reno pamit dulu ya..
bu rini    : iya sayang hati hati ya cinta, inget pesan mami ya…
nanang   : iya nak, insya allah sekitar 3 bulan mendatang mami dan papi akan kesana sekalian menengok tempat
                  tinggal kamu disana, hati hati ya, jalankan kewajibanmu dengan baik..
reno       : iya mi pi, reno pamit dulu ya…. Bye

didesa
bu santi  : tak terasa dua puluh dua tahun berlalu, tapi kamu tidak pernah pulang kang.. dimana kamu? Apakah kamu
                  masih hidup atau sudah.. ah pikiran ku kacau, kau tega meninggalkan ku disini, anak kita sekarang sudah
                  besar kang..
( menyanyikan lagu “jablay” (titi kamal) )
Gadis      : umi.. hayo umi lagi ngapain ?
bu santi  : e e eh tidak gadis, umi sedang tidak ngapa ngapain, ngomong ngomong kok kamu tidak kepuskes ?
Gadis      : nanti mi, gadis kepuskes nunggu jemputan dari ela dia bawa sepeda hari ini… oh ya mi, hari ini kata
                  kepala puskes ada dokter dari Jakarta yang akan datang kesini untuk bekerja di puskes desa kita..
yunda     : oh iyakah ? bagus kalo begitu, sudah 2 tahun kamu bekerja di puskesmas desa kita ini, tapi tidak ada satu
                  pun dokter yang bertugas selalu saja mengandalkan perawat seperti kamu dan seorang mantri..
                  jadi ada kemajuan lah ya..
Gadis      : iya umi.. Alhamdulillah kalo begitu
ela           : assalamualaikum, gadis ayuk kita kepuskes sekarang ntar telat kena oceh pak sukoco lagi hehe
Gadis      : iya ela, aku teh udah siap drai tadi, kamu tu lama banget kesininya, umi.. gadis jalan dulu ya..
 
dipuskesmas
Gadis      : ya ampun kitaq udah buru buru kesini taunya belum ada orang yang dateng…
ela           : iya ya gadis, oh ya kamu tau gak semalem kang ujang menyatakan cintanya sama aku lah.. dan aku
                   menerimanya jadi sekarang kita pacaran deh..
Gadis      : waah selamat ya la, hmm gimana sih rasanya jatuh cinta, kamu tau saja aku kan belum pernah pacaran
ela           : hmmm rasa nya itu
(menyanyikan reff lagu “sejuta rasanya” blink )
Gadis      : ehh itu dia pak sukoco
pak sukoco : selamat pagi semuanya.. seperti kata saya kemarin hari ini kita akan kedatangan dokter dari Jakarta yang
                  akan bekerja dipuskes kita, sekarang dia sudah disini.. ayo dokter reno masuk dan perkenalkan diri anda
kedatangan reno diiringi lagu “one more night” (maroon5)
reno       : selamat pagi semua perkenalkan nama saya reno mavender kalian bisa paggil saya dokter reno, untuk be
                  berapa bulan kedepan saya akan bekerja disini jadi saya harap kita semua dapat bekerja sama dgn baik
pak sukoco : iya terimakasih dokter reno, untuk semua saya haraop kalian dapat membantu dokter reno dalam segala
                  hal, terutama kamu gadis, sekarang saya tunjuk kamu sebagai asisten dokter reno..
Gadis      : apa? Emm baiklah pak..
pak sukoco : baiklah sekarang kalian bereskan data data pasien disini, saya akan mengantar dokter reno berkeliling
                  sebentar didaerah sini.. mari dokter
ela           : waaw ganteng banget deh dokter itu.. pingin deh sy jadi pacarnya
Gadis      : ya ampun ela.. inget kang ujang heh hahah
ela           : haha iya ya dis, enak ih kamu yang jadi asisten dokter tampan itu, kenapa tidak aku, aku kan lebih cantik
                  dan seksi dari pada kamu
Gadis      : ih ela apaan sih, apa hubungannya coba.. gak tau tuh pak sukoco kenapa juga milih aku
ela           : hihi iya ya yaudah udah beres nih, kita keluar aja yuk sapa tau ada pasien..
3 bulan kemudian
Gadis      : aduuh banyak sekali nih berkas berkas pasien yang harus diperiksa dokter reno.. (tiba tiba menumbur reno)
(lagu “pandangan pertama” slank feat nirina jubir)
Gadis      : ehh maaf maaf dok, terima kasih telah membantu
reno       : iya sama sama, oh iya gadis sudah 3 bulan aku disini tapi aku masih saja tidak hapal hapal dengan daerah ini
                 maukah kamu nanti sore menemaniku jalan jalan ?
reci         : ehmm iya dok mau kok
pak sukoco            : permisi, dokter reno ayo ikut keruangan saya sebentar
reno       : baik pak, nanti sore gadis
Gadis      : heem kenapa ya td dokter reno ngajak aku jalan jalan, apa mungin dia jg suka sama aku.. tapi apa mungkin 
                  .. aku tidak akan mungkin berpacaran dengan dokter tampan seperti dia sadar gadiss.. itu hanya mimpi
ela           : hayoo gadis kamu teh sedang melamun ya hehe ngelamunin dokter eno jangan jangan hayoo ngaku
Gadis      : ih ela apaan sih, ngelamunin kang ujang mu tersayang hehe
ela           : nah ku tinju kamu kalo ngelamunin dia
Gadis      : hehe becanda ela, kang ujang itu hanya milikmu seorang kok
ela           : nah gitu tu baru bener… yaudah kayaknya udah gak ada pasien lagi deh pulang yuk aku udah laper..

sore hari di pinggir desa
Gadis      : dokter kok dokter reno kok mau sih ditemanin jalan jalan sama gadis ?
reno       : Karena kamu buat saya nyaman gadis
Gadis      : apa? Nyaman maksudnya dok?
(menyanyikan reff lagu “aku jatuh cinta”roulette)
reno       : gadis, ketika saya memandangmu pertama kali sepertinya saya suka padamu, apalagi kamu buat saya
                  nyaman deket sama kamu, maukah kamu menjdai pacar saya ?
Gadis      : ehm mmm  saya mau dok saya juga suka sama dokter, tapi apa pantas cewe desa seperti gadis bias pacaran
                  sama dokter tampan seperti dokter bagus
reno       : apa yang tidak mungkin gadis, buktinya coba kamu lihat pelangi di atas sana, hanya setengah kan, kamu tau
                  gak setengahnya ada dimana?
Gadis      : dimana dok ?
reno       : dimatamu gadis
J hm tunggu sebentar aku ada telpon nih.. “halo mami ? iya mi mami jadikan besok ke sini
                  sama papi juga kan ? alamat nya sudah reno kirim lewat bbm, sekalian juga reno mau ngenalin pacar reno
                  mi, reno ingin menjadikannya istri,  iya mi, reno tunggu ya besok”
Gadis      : telpon dari ibu dokter ya ?
reno       : iya, besok akan ku perkenal kan kamu dan ibumu dengan mami dan papiku
Gadis      : apa ???? akan kah harus secepat ini dok ? kitakan baru jadian
reno       : biarkan saja gadis, ini tandanya aku serius sama kamu, yasudah ayo kita pulang
Keesokan harinya
bu rini    : nah ini dia sepertinya desanya pi.. ih kamseupay banget sih, udah gak ujan tapi becek gak ada ojek pula
                   orang orang disini juga keliatan kamseupay semua
(menyanyikan lagu “kamseupay” lollipop)
nanang   : apa kampung ini ? ya ampun desa ini… oh tidak
bu rini    : ih papi nyampek sini kok jd aneh gini sih, ayok kita jaln keperumahan tempat bagus tinggal, ihh becek
nanang   : ya ampun aku jadi teringat sesuatu..
reno       : eh mami sama papi udah datang, silahkan masuk mi pi.. beginilah tempat tinggal reno selama ini..
bu rini    : udak kecil reyot ih jelek banget sayang, kok bias bisanya beby strawberry kesayangan mama tinggal disini
reno       : oh iya mi, tahan lah, nanti sore aku akan mengajak mami dan papi menemui pacarku gadis dan ibunya
nanang   : apa kamu punya pacar dari desa ini ?
bu rini    : iya pi, kemarin reno bilang akan mengaak kita menemui pacarnya, gak papa lah eno dapat pacar kamseupay
                  asal dia jangan jelek dan harus cantik seperti mami
reno       : iya mi gadis itu wanita yang cantik kok

Dirumah gadis
bu santi  : ya ampun sayang kamu itu udah kayak mau ketemu presiden aja dandan trus dari tadi
Gadis      : iya umi kan gadis mau ketemu calon mertua hehe    
bu santi  : jangan terlalu berharap nak, sapa tau orang tuanya dokter reno tidak setuju kalo anaknya menikah dengan
                 gadis desa seperti kamu pak
nanang bu rini dan reno: assalamualikum
Gadis      : waalaikum sallam silahkan masuk bu pak dokter,
reno       : nah ini mi yang namanya gadis, cantikkan ?
bu rini    : waaah cantik sekali ya, gak salah pilih kamu nak
nanang   : iya cantik ren pilihan mu, ngomong ngomong orang tuamu mana gadis ?
Gadis      : ayah saya sudah lama meninggal pak, sy hanya tinggal dengan umi saya sebentar ya saya panggilkan dulu,
                  umi.. umi.. keluardong ada ibu dan aahnya dokter bagus nih..
bu santi  : iya gadis….
reno       : permisi buk
ibu santi : hah ? kang nanang ? ini ayah kamu reno ?
reno       : iya bu itu ayah dan ibu saya
ibu santi : (sambil memukuli nanang) kamu jahat kang kemana saja kamu selama ini ? lihat ini gadis anakmu, ini
                 semua ulah mu kang ternyata kamu telah menikah lagi dan apa ? reno ? iya apa benear reno ini anak mu ?
ibu rini   : heh ibu ibu kamseupay, kenapa kamu maik maki suami saya siapa kamu, saya ini istrinya
ibu santi : saya istri sahnya, dia ini suami saya, anda tau bahawa dia meninggalkan saya yang sedang hamil sendirian
                  desa ini.. dia jahat sekali,,, aku benci kamu kang
ibu rini   : apa benar itu pi ?
nanang   : benar mi, maaf kan saya saya tidak jujur padamu bahwa saya telah memiliki istri, santi ? maafkan suamimu               
                  ini yang telah meninggalkan mu bertahun tahun, ini reno anakku, apa benar gadis ini anak kita ?
ibu santi : benar ! gadis dan reno kalian itu kakak adik kalian tidak boleh saling jatuh cinta ! lihat kang, ini akibat
                  perbuatanmu !
Gadis      : aaaaaa ini tidak mungkin (pingsan)
ibu santi : bangun sayang bangun
ibu rini   : apa ? (pingsan)
reno       : papi jahattttt
nanang   :  maafkan aku…

                                  


by : reci adhya fiscarina



Tidak ada komentar:

Posting Komentar